Cara Membuat & Menempatkan Internal Link di Blog untuk SEO

CB Blogger | October 31, 2016

SEO Google
Tutorial dasar blogger berikut ini merupakan tips membuat dan menempatkan internal link di postingan blog.

Link-link internal yang kontekstual merupakan bagian dari tips SEO, sama pentingnya dengan backlink dan eksternal link. 

Internal Link membantu semua halaman terindeks oleh search engine dengan "mengingatkan" spider search engine bahwa halaman lama kita masih eksis dan layak untuk dinilai.

Ini dapat meningkatkan kegunaan blog kita dengan baik dan membantu kita keluar dari penjara Google Sandbox.

Manfaat internal link posting blog

1. Menaikkan Page View. 

Membuat tautan ke posting lama, kemungkinan besar akan membawa pembaca ke halaman posting lama. Pembaca akan membuka lebih dari satu halaman saja, artinya hit page view meningkat. 

Manfaat lainnya memberikan kesan blog Anda lebih hidup dengan membuat tautan yang berhubungan pada posting lain. Ada peluang, pembaca akan meninggalkan komentar pada halaman lain yang dia baca. 

Meningkatkan kepercayaan pembaca pada blog Anda dan kemungkinan akan menjadi pembaca setia. Kemungkinan lainnya adalah, pembaca akan tidak segan-segan untuk berlangganan artikel dari blog Anda. Saya sudah membuktikannya.

2. Memuaskan Pembaca Blog. 

Internal link merupakan navigasi yang baik bagi pembaca blog untuk menuju posting-posting terkait. Satu artikel posting jika didukung oleh artikel lainnya akan semakin menguatkan fakta pada posting tersebut. Pembaca pasti akan mencari alasan kenapa dia harus membaca posting tersebut, adakah posting lain pada blog yang mendukungnya.

3. SEO (Search Engine Optimization). 

SEO Google
Membuat tautan ke posting lain akan mengoptimalkan proses index mesin cari pada seluruh halaman blog yang saling bertautan. 

Secara otomatis mesin cari seperti google dan yahoo akan membaca konten posting pada link (tautan) yang ada. Link dari blog lain yang mengarah ke blog Anda (back link) memang sangat berpengaruh bagi peringkat blog (pagerank). 

Namun link pada posting yang satu ke posting yang lain juga akan menaikkan peringkat halaman blog pada search engine. Kita dapat meningkatkan pagerank halaman tertentu pada blog dengan membuat banyak tautan posting yang berkualitas menuju halaman tersebut. 

Misalnya Anda punya satu posting yang menjadi andalan blog. Nah, untuk mengoptimalkannya pada hasil pencarian mesin cari seperti Google, Anda bisa membuat tautan dari posting lain yang mengarah ke posting andalan tersebut. 

Coba deh, pasti ada efeknya di search engine. SEO google starting guide sangat menyarankan internal link ini. Mengapa Anda tidak melakukannya jika masih mengandalkan Google sebagai mesin pencari Anda.

Cara Menempatkan Intrnal Link 

1. Link pada Posting

Cara ini merupakan cara yang paling umum digunakan. Membuat tautan dari satu posting ke artikel posting lama dengan achor text yang kita pilih. Google SEO Starter Guide memberi petunjuk cara membuat text link yang baik.

2. Pilih teks yang deskriptif 

Gunakan teks tautan yang dapat menggambarkan halaman posting yang dituju. Hindari menggunakan teks tautan yang terlalu umum seperti klik di sini. Kata klik di sini tidak akan menggambarkan isi konten pada halaman yang ditautkan.

3. Teks tautan ringkas

Usahakan tulis teks yang pendek tapi deskriptif, biasanya beberapa kata atau frasa pendek. Hindari menulis teks tautan yang panjang, seperti berupa kalimat panjang atau paragraf.

4. Buatlah format tautan yang mudah terlihat. 

Jangan menggunakan teks tautan yang tidak sesuai dengan konten halaman yang ditautkan. Ingat, google pintar menilai kualitas link tautan antar posting.

Hindari menggunakan tautan berupa alamat url. Satu hal, Anda dapat menggunakan tautan berupa url jika tautan tersebut digunakan untuk mempromosikan situs web yang masih baru. Ini hanya saran dari Google.

5. Teks tautan berupa keyword pada posting yang terkait. 

Jangan gunakan teks yang terlalu umum seperti "klik di sini". 

6. Link pada sidebar

Pasti anda sering menemukan widget ini pada blog dan situs web yang Anda kunjungi. Salah satunya pada sidebar blog saya. Ada yang membuat top posts, good articles dan lain-lain, dengan memasukkan beberapa tautan (link) artikel posting blognya yang paling ramai dikunjungi.

Ada pula yang menampilkan beberapa tautan mengarah ke artikel posting terbaru atau recent posts dan top komentator cloud dengan widget dan kode script tertentu. 

Tautan ini sangat berguna bagi pengguna blog. Selain navigasi semakin baik, juga membuat tampilan blog terlihat lebih prima dan membantu mesin cari untuk meng-index semua artikel posting blog.

7. Link pada menu navigasi horisontal

Google lebih menyenangi tautan yang langsung tertuju pada halaman posting. Ada juga pemilik blog yang membuat tautan ke label posting. Hal ini tidak dianjurkan oleh Google. 

Selain itu, ada lagi namanya navigasi breadcrumb berupa link navigasi di atas judul artikel yang sedang dibaca.

8. Update posting lama

Ada kalanya terjadi perubahan isi artikel yang terpengaruh oleh kondisi saat ini. Misalnya Anda membuat artikel tentang tutorial blogger pada 3 bulan yang lalu, namun seiring waktu berjalan ternyata blogger mengalami perubahan pada penambahan layanan dan fitur baru blogger atau bisa saja mengurangi fitur yang mereka rasa tidak perlu digunakan. 

Perubahan ini otomatis akan berpengaruh pada artikel lama yang menjadi tidak relevan lagi pada saat ini.

Untuk mengatasinya, Anda dapat membuat posting baru yang sama dengan posting lama dengan tambahan judul update yang kontennya sudah disesuaikan dengan layanan fitur blogger sekarang. Sedangkan pada posting lama, Anda dapat membuat tautan ke posting baru tersebut yang sudah disesuaikan dengan kondisi saat ini. (Sumber: Maskolis).*

Previous
« Prev Post

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Cara Membuat & Menempatkan Internal Link di Blog untuk SEO

Post a Comment

 
Copyright © Tes Template. All rights reserved.
SEO Maxima Blogger Template by CB Blogger