Daftar Postingan di Media Sosial yang Mengundang Bully

CB Blogger | March 27, 2017

Daftar Postingan di Media Sosial yang Mengundang Bully
Daftar Postingan di Media Sosial yang Mengundang Bully (Risak).

JIKA ingin dibully di media sosial, di bawah ini Daftar Postingan di Media Sosial yang Mengundang Bully
  1. Hoax
  2. Sombong
  3. Komentar Negatif
  4. Salah Bicara
Dibully di medsos sangat tidak menyenangkan. Maka dari itu, hindari kempat jenis update status tersebut.

Dilansir Jawa Pos, jika Nggak mau di-bully, Jangan Posting Kayak Gini

Postingan ‘Suka-Suka Gue’

Kita memang bebas untuk posting apa pun di media sosial. Cuma jangan keterusan! Siapa sih yang nggak kesel kalau ngelihat postingan yang nggak sesuai norma masyarakat, tapi malah berusaha membela diri dan bukannya memperbaiki?

Pamer Harta yang Nggak pada Tempatnya

Punya barang baru, update. Nongkrong di café mahal, update, Jalan jalan keluar negeri, Update. Well, emang sih sosmed itu diciptakan buat pamer. Tapi kalau ternyata hal yang kamu pamerin di sosmed itu udah berlebihan bahkan cuma buat pencitraan, nggak malu tuh?

Apalagi kalau sampai menyindir dan menghina orang lain yang kebetulan nggak seberuntung kamu. Ada loh tipikal pengguna sosmed kayak gini yang sukanya pamer terus mengejek netizen lain sebagai kaum jelata, nggak selevel, bahkan sok-sok punya haters.

Pamer Kemesraan di Sosmed

Zaman sekarang, pamer pacar ke public nggak cukup hanya di dunia nyata, tapi pindah ke ranah sosial media. Well, kita tahu kok kalau momen romantis sama pacar itu emang penting buat diabadikan.

Ngedit Yang Nggak Masuk Akal

Tanpa aplikasi maupun software edit, fotomu mungkin terkesan biasa-biasa aja.  Dalam fotografi, editing itu juga sah sah aja bahkan tergolong penting. Tapi kalau ngeditnya lebay bahkan kelihatan dibuat buat ditambah caption bombastis, gimana nggak geli ngelihatnya?

Tuh contohnya aja postingan akun Instagram yang baru-baru ini lagi viral di berbagai sosmed. Ya masa sih mau pamer panasnya api asmara harus ditambahin pakai background kebakaran hutan? #Prayforkebakaran

Caption Salah Gaul

Nah ini level paling absurd dan paling cepat mengundang bully-bully cinta dari netizen. Yes, sometimes people judging you by your caption photo. Kayak postingan salah satu akun medsos ini.

Hal yang Pantang Diposting di Media Sosial

Dilansir detikInet, ada 7 Hal yang Pantang Diposting di Media Sosial

1. Informasi pribadi yang bisa mengarah ke pencurian identitas

Di situs media sosial, seperti Facebook, terdapat biografi. Ingatkan anak agar ia tidak memajang semua informasi pribadi, seperti tanggal lahir secara lengkap, karena dapat mengundang pencurian identitas.

Ingatkan pula agar anak Anda tidak memposting data pribadi lain seperti alamat rumah dan nomor telepon.

2. Informasi keluarga

Masalah keluarga seharusnya tidak diumbar ke publik. Memposting hal-hal seperti, "ayahku dipecat dari pekerjaannya, bagaimana nasibku nanti?" atau "ibuku sering pulang larut malam", di media sosial tidaklah tepat.

Diskusikan hal ini dengan anak Anda betapa pentingnya melindungi privasi anggota keluarga. Kalau perlu buat aturan "tidak ada yang boleh memposting informasi tentang salah satu anggota keluarga tanpa izin".

3. Masalah Pribadi

Anak remaja mengalami masalah persahabatan dan drama percintaan adalah hal yang biasa. Tapi tidak tepat jika masalah itu diumbar ke media sosial, karena seluruh dunia bisa membacanya. Masalah pribadi tidak seharusnya masuk ke ruang publik.

4. Foto dengan geotag

Remaja suka bernarsis ria dengan berfoto selfie/wefie pakai smartphone, dan kebanyakan dari mereka tidak menyadari bahwa pada foto-foto itu terdapat data tentang lokasi foto diambil. Karena itu pastikan anak Anda menonaktifkan opsi GPS tag dalam pengaturan kamera sebelum memposting foto pribadi ke publik.

5. Di rumah sendirian

Mengumumkan hal-hal seperti, "Orangtuaku akan pergi akhir pekan ini" atau "Aku selalu sendirian di rumah tiap pulang sekolah", tidaklah aman. Jangan posting info seperti ini secara online.

Jangan pula memposting rencana pribadi tentang kemana anak akan pergi dan bersama siapa karena bisa mengundang kejahatan.

6. Foto-foto yang tidak pantas

Tidak ada salahnya memposting foto di media sosial. Tapi terkadang remaja sering memposting foto-foto narsis yang tidak layak dikonsumsi publik, misalnya yang mengandung unsur seksualitas, atau foto yang menggambarkan mereka terlibat dalam perilaku yang tidak pantas.

Foto-foto ini kadang diposting hanya untuk menarik perhatian, namun sayangnya mereka tidak sadar kalau hal ini bisa merusak harga diri mereka kelak.

7. Komentar kasar

Bergaul di dunia maya sama dengan di dunia nyata, ada etika yang harus dijaga. Ingatkan anak bahwa media sosial bukanlah tempat untuk melakukan bullying atau memfitnah orang lain.

Gunakan kata-kata yang baik saat mengomentari postingan orang lain, jangan pernah memposting sesuatu yang dapat menyakiti orang lain.

Nah itu dia Daftar Postingan di Media Sosial yang Mengundang Bully dan/atau pantang diposting di akun media sosial.*

Previous
« Prev Post

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Daftar Postingan di Media Sosial yang Mengundang Bully

Post a Comment

 
Copyright © Tes Template. All rights reserved.
SEO Maxima Blogger Template by CB Blogger