Pengertian Tagar (Hashtag): Sejarah, Asal-Usul, dan Fungsi

CB Blogger | December 31, 2018

hashtag tagar
Apa itu tagar atau hashtag? Bagaimana asal-usulnya? Apa fungsinya?

TAGAR (hashtag) adalah singkatan dari tanda pagar (#). Tagar punya peran besar dalam meramaikan media sosial Twitter.

Tagar diletakkan di awal kata atau frasa yang diketikkan pada jejaring sosial, terutama Twitter, misalnya #PersibDay, #blogging, #2019GantiPresiden, dan sebagainya.

Menuru Wikipedia, tagar merupakan bentuk tag metadata. Pesan singkat di jejaring sosial seperti Twitter dan Instagram atau Facebook dapat ditandai dengan menempatkan "#" sebelum kata-kata penting.

Tagar menyediakan cara untuk mengelompokkan pesan tersebut, karena orang dapat mencari tagar dan mendapatkan seperangkat pesan yang mengandung itu.

Secara praktis, tagar merupakan "tema" obrolan di media sosial, meskipun banyak juga yang menjadi "penumpang gelap", yaitu akun yang menggunakan tagar yang sedang trending, namun isinya jualan, promosi, atau propaganda.

Fungsi Tagar

Tagar berfungsi sebagai marking atau penanda percakapan. Simbol # ini dipopulerkan oleh pengguna Twitter (Tweeps).

Menurut twitter.com, tagar digunakan untuk mengindeks kata kunci atau topik di Twitter. Fungsi ini dibuat di Twitter dan memungkinkan pengguna untuk mengikuti topik yang mereka minati dengan mudah.

Awal kemunculan tagar lebih digunakan untuk menggabungkan suatu topik pembicaraan supaya mudah dimonitor oleh pengguna.

Asal-usul Tagar

Asal-usul tagar bukan dari Twitter, tapi ide pengguna (user). Pada awalnya, tagar Twitter dibuat oleh Jack Dorsey untuk meng-update status pekerjaannya ke semua rekan sekantornya. 

Dorsey berasumsi, ia tak perlu memberi tahu satu per satu temannya, jadi komunikasinya bersifat satu arah.

Ada juga yang mengatakan, tanda # ini pertama kali dimunculkan di Twitter oleh seseorang pemasar laman website di Silicon Valley, yaitu Chris Messina pada 2007.

Sebelumnya, tagar digunakan untuk pengganti kata nomor (nomor 7 misalnya menjadi #7). Tagar juga muncul di tombol telepon rumah untuk melengkapi tombol mesin telepon menjadi persegi dengan 10 digit (termasuk nol).

Dilansir Mental Floss, tagar berasal dari frasa latin. Ketika bahasa Latin abad ke-14 mulai menyingkat istilah 'weight-libra pondo' menjadi 'lb', sebuah garis miring horizontal muncul. Ketika orang mulai menulis cepat, huruf dan tandanya bergabung menjadi simbol tagar seperti yang kita lihat sekarang.

Pada 2014, Kamus Inggris Oxford memasukkan kata 'hashtag' sebagai sebuah kata atau frasa untuk mengidentifikasi pesan yang berkaitan dengan topik tertentu.

Tagar terpopuler sepanjang masa adalah #TheWalkingDead dan #StarWars. Ada juga tagar #NFL mendominasi tweet terkait olah raga.

Di Indonesia, tagar yang selalu trending antara lain #PersibDay saat tim Persib Bandung bertanding yang ditulis para suporter Persib (bobotoh).*

Previous
« Prev Post

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Pengertian Tagar (Hashtag): Sejarah, Asal-Usul, dan Fungsi

Post a Comment

 
Copyright © Tes Template. All rights reserved.
SEO Maxima Blogger Template by CB Blogger