Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

CB Blogger | February 24, 2020

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

Perdana Menteri (PM) Malaysia, Mahathir Mohamad, mengundurkan diri dari jabatannya. Kabar itu tertuang dalam akun Twitter resminya @chedetofficial, Senin (24/2/2020).

"Kenyataan Akhbar: Peletakan Jawatan sebagai Perdana Menteri Malaysia," tulisnya.

Mahathir menjabat sebagai PM Malaysia sejak Oktober 2018. Itu kedua kalinya dia menjadi PM Malaysia, sebelumnya dia sudah menjadi pada periode 1981-2003.

Kinerjanya di bidang ekonomi pada tahun terakhirnya kurang menggembirakan. Melansir Reuters, Senin (24/2/2020), Bank Negara atau bank sentral Malaysia mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi Malaysia di kuartal IV-2019 hanya 3,6%.

Pernyataan mundur Mahathir terjadi tidak lama setelah Presiden Parti Keadilan Rakyat (PKR), Anwar Ibrahim, mengaku telah dikhianati oleh rekan-rekan di koalisi Pakatan Harapan (PH).

Pernyataan tersebut muncul bersamaan dengan desas-desus yang berkembang akan ada koalisi penguasa baru yang terdiri dari Parti Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu), Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), Parti Islam Se-Malaysia (PAS), Gabungan Parti Sarawak (GPS), serta Parti Warisan Sabah (Warisan). Apalagi, menurut Anwar, koalisi itu juga melibatkan wakilnya, Mohamed Azmin Ali.

"Kami terkejut dengan hal tersebut, itu adalah pengkhianatan karena ada janji (untuk menyerahkan kekuasaan kepada Anwar dari PM Mahathir Mohamad).

BBC juga menuliskan :

Perdana Menteri (PM) Malaysia Mahathir Mohamad dilaporkan telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Raja Malaysia, demikian kantor berita Reuters melaporkan.

Keputusan Mahathir dibuat menyusul dinamika politik seputar rencana partainya untuk membentuk pemerintahan baru tanpa politikus senior Anwar Ibrahim, yang dijanjikan akan menjadi penggantinya.

Anwar Ibrahim meminta Mahathir untuk berpikir kembali terkait niat mengundurkan diri dari jabatannya. 

Dia mengatakan, dalam pertemuan dengannya, Mahathir mengatakan dia kecewa karena namanya dicatut oleh sejumlah pihak yang berniat merombak koalisi Pakatan Harapan yang saat ini berkuasa, dengan menggaet kelompok oposisi seperti UMNO dan Partai Islam SeMalaysia (PAS).

"Itu bukan beliau (Mahathir), nama beliau digunakan oleh orang-orang di dalam partai saya dan pihak luar. Beliau kembali mengulangi tidak terlibat dalam hal itu. Beliau menjelaskan tidak akan mungkin kembali bekerja sama dengan orang-orang yang terhubung dengan rezim lampau," kata Anwar  dilansir Malaysiakini, Senin (24/2).

Anwar mengatakan dalam pertemuan di kediaman Mahathir dia sudah memintanya untuk membatalkan niat tersebut. Menurut Anwar, Mahathir merasa frustasi karena dikaitkan dengan gerakan politik terselubung tersebut.

"Saya sudah meminta beliau berpikir kembali atas nama Keadilan (PKR) dan Pakatan (Harapan). Pengkhianatan ini bisa dihadapi bersama. Namun, tentu beliau punya pemikiran berbeda. Beliau tidak ingin diperlakukan seperti itu, dan menghubungkannya dengan hal tersebut sama saja perbuatan korupsi," ujar Anwar.

Menurut Anwar, Mahathir menyatakan tetap berprinsip untuk melanjutkan agenda reformasi yang sudah digulirkan sejak Pakatan Harapan menang pemilu pada 2018.

Diduga, sikap Mahathir adalah tanggapan terhadap gerakan politik yang dilakukan oleh Menteri Koordinator Perekonomian yang juga mantan Wakil Presiden PKR, Mohamad Azmin Ali. 

Ali bersama Ketua Partai Pribumi Bersatu Malaysia (PPBM), Muhyiddin Yassin, beserta petinggi oposisi koalisi Barisan Nasional, Partai Islam SeMalaysia (PAS), Gabungan Partai Sarawak (GPS), dan Partai Warisan mengadakan rapat pada Minggu (23/2) kemarin.

Mereka diduga merencanakan membentuk koalisi baru untuk melemahkan Pakatan Harapan.

PPBM yang menaungi Mahathir juga menyatakan mundur dari koalisi Pakatan Harapan. Hal ini bisa membuat jalan Anwar untuk meraih kekuasaan semakin terjal. (CNBC/CNN).

Previous
« Prev Post

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad Mengundurkan Diri

Post a Comment

 
Copyright © Tes Template. All rights reserved.
SEO Maxima Blogger Template by CB Blogger