#Klitih Trending di Twitter, Ini Pengertian Klitih

CB Blogger | February 5, 2020

#DIYDaruratKlithih dan #Klithih atau #klitih trending topic di Twitter dalam dua hari terakhir. Apa itu klitih?


Pengertian klitih sebenarnya "mengisi waktu luang" atau "keluyuran", namun bergeser menjadi  aksi kejahatan jalanan yang biasa dilakukan geng motor atau begal dan preman.

Pengertian Klitih

Secara bahasa, dalam bahasa Jawa, klitih berasal dari gabungan dua kata yakni klitah-klitih. Hal ini dimaknai dengan "berjalan bolak-balik agak kebingungan".

Pengertian klitih antara lain dijelaskan kompas.com dalam infografis berikut ini:

 Pengertian Klitih


Laman Harian Jogja menjelaskan arti klitih sebagai "aksi kejahatan jalanan tanpa motif yang jelas".

Klithih trending karna marak di Yogyakarta akhir-akhir ini. Sosiolog kriminalitas UGM, Suprapto, menuturkan, ada persoalan yang mengkhawatirkan di balik aksi yang dilakukan anak-anak remaja tersebut.

Untuk itu penanganan klithih tidak bisa dibebankan kepada pemerintah atau kepolisian karena upaya untuk memutus rentetan peristiwa ini harus dimulai dari tingkat keluarga dan komunitas. 

“Penanganan perilaku klithih jangan dibebankan hanya kepada pemerintah atau kepolisian. Tiap anggota masyarakat harus merasa bertanggung jawab untuk itu,” katanya, Kamis (16/1/2020).

Ia menjelaskan, istilah klithih sebenarnya telah mengalami pergeseran makna. Berdasarkan pengertiannya, klithih memiliki makna kegiatan "mengisi waktu luang". 

Kata ini sebenarnya dapat diartikan secara positif sebagai berbagai macam kegiatan yang positif pula.

Namun, makna tersebut kemudian mengalami pergeseran ketika diadopsi oleh para remaja sebagai kegiatan mencari musuh.

“Itu artinya positif. Tetapi ketika klithih itu kemudian diadopsi oleh anak remaja, mereka menggeser makna itu, pertamanya keliling-keliling kota naik sepeda motor. Tetapi tidak sekadar keliling-keliling kota, lebih dimaknai sebagai kegiatan mencari musuh,” jelasnya.

Motif di balik aksi ini sendiri, menurutnya, cukup beragam. Sebelumnya, aksi ini dikaitkan dengan upaya untuk melakukan balas dendam. Namun, aksi klithih saat ini dilakukan seorang remaja untuk mencari musuh dan menunjukkan eksistensi atau untuk melampiaskan kekecewaan dalam kehidupan mereka.

Menurut Wikipedia, klitih (klithih) merupakan salah satu fenomena sosial yang terjadi di Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta dan daerah sekitarnya, terutama Klaten dan Magelang.

Fenomena ini terjadi pada umumnya terhadap anak muda usia 14-19 tahun yang merupakan pelajar sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. 

Pada umumnya, pelaku klitih akan mengincar target, pada umumnya, merupakan siswa SMA pesaing atau anggota geng pesaing di daerah yang dianggap sepi, kemudian pelaku melakukan perundungan (bullying) secara fisik terhadap pelaku. 

Terkadang pelaku juga mengambil barang milik korban bahkan termasuk harta benda sehingga terkadang kejahatan ini termasuk perampokan. Tidak jarang juga korban klitih juga meninggal dunia akibat menderita siksaan fisik yang cukup kuat.

Klitih sendiri berasal dari kalimat bahasa Jawa yang berarti "suatu aktivitas mencari angin di luar rumah" atau "keluyuran". 

Ada juga yang menyebut klitih merupakan penyebutan terhadap Pasar Klitikan Yogyakarta di mana artinya adalah melakukan aktivitas yang tidak jelas dan bersifat santai sambil mencari barang bekas dan Klitikan. 

Istilah nglitih digunakan untuk menggambarkan kegiatan jalan-jalan santai. Akan tetapi, makna klitih kemudian mengalami pergeseran (peyorasi) menjadi aksi kekerasan dengan senjata tajam atau kegiatan kriminalitas anak di bawah umur di luar kelaziman. 

Pada awalnya, klitih hanyalah berupa kegiatan perundungan antar geng sekolah yang terjadi di kawasan Yogyakarta dan sekitarnya. Namun, semakin lama, klitih berkembang menjadi kegiatan perampokan yang dilakukan oleh sekelompok geng (premanisme) yang targetnya berkembang dari geng musuh menjadi masyarakat awam. Yang paling umum, klitih dilakukan di tempat sepi dan terjadi pada malam hari.

Kasus klitih pada dasarnya merupakan fenomena anak muda di Yogyakarta yang ingin mencari jati diri atau pengakuan terutama dari lingkungan persahabatan mereka. Untuk membuktikan itu, terkadang mereka membutuhkan barang bukti berupa barang milik geng pesaing atau setidaknya melakukan perundungan terhadap geng pesaing.

Demikian pengertian klitih.*

Previous
« Prev Post

Related Posts

Show comments
Hide comments

0 komentar on #Klitih Trending di Twitter, Ini Pengertian Klitih

Post a Comment

 
Copyright © Tes Template. All rights reserved.
SEO Maxima Blogger Template by CB Blogger